Menginstal Driver NVIDIA Geforce 7100 di OpenSUSE 11.4

Ketika Berkesempatan Memasang OpenSUSE 11.4 dengan memilih desktop Gnome, saya memakai komputer rakitan dengan spesifikasi:

  • AMD Athlon(tm) 64 processor 3200+
  • 17″ Monitor CRT
  • nVidia GeForce 7100 GS VGA Card
  • 1,5GB DDR2 RAM
  • DVD Combo

Berbekal koneksi Internet seadanya saya pun sudah dapat memasang beberapa aplikasi yang saya perlukan. Kini saatnya saya ingin merasakan kecantikan secara visual dari desktop OpenSUSE ini, dan tentunya peran dari kartu grafis atau graphics card pun tidak bisa ditinggalkan. Secara default Linux OpenSUSE ini tidak secara langsung mengaktifkan driver NVIDIA pada kartu grafis komputer saya.

Untuk menginstal driver NVIDIA di Linux OpenSUSE ternyata memang harus membutuhkan langkah yang sedikit rumit bagi pemula seperti saya Setelah bertanya kesana-kemari akhirnya saya megikuti SDB:NVIDIA the hard way. Namun jika Anda punya koneksi yang mumpuni Anda bisa menggunakan fasilitas 1-Click Install.

Langkah pertama, saya menginstal paket-paket ‘dependency’ untuk driver NVIDIA. Dengan terkoneksi ke Internet saya mengetikan perintah:

# zypper in kernel-source make gcc

Masih mengandalkan koneksi yang tidak begitu cepat, menunggu dengan sabar pun jadi pilihan saat instalasi paket dependency tersebut. Instalasi selesai. Sebenarnya saya ingin menginstal secara off line atau manual tapi saya tidak bisa bagaimana caranya.

Langkah selanjutnya adalah mengunduh atau download the NVIDIA binary driver dan kemudian menginstalnya. Berkas binary driver NVIDIA memang sudah saya unduh beberapa hari sebelumnya dari halaman unduh NVIDIA. Pilih jenis driver sesuai dengan jenis kartu grafis Anda. Untuk menginstal driver saya harus masuk ke lingkungan ‘text mode’ (runlevel 3). Masuk atau log in sebagai root saya melakukan eksekusi paket binary yang saya simpan di directory home dengan user agung, perintahnya:

# sh /home/agung/NVIDIA

Kemudian saya menahan tombol “Tab” pada papan ketik/keyboard supaya secara otomatis akan memanggil paket binary secara komplit. Berikutnya tekan “Enter”. Proses instalasi berjalan normal dengan mengikuti beberapa petunjuknya. Setelah instalasi selesai, saya melakukan:

# modprobe nvidia

Dan sekarang saatnya masuk ke antarmuka grafis dengan mengetikan:

# rcxdm start

Tampilan desktop Linux OpenSUSE sekarang sudah cukup bagus dan menarik. Berikut screenshot dari layar monitor saya:

Cube Desktop

Tampilan Desktop Cube

Jika Anda menggunakan Linux OpenSUSE versi 11.3 mungkin Anda perlu men-disable Kernel Mode Setting (KMS) dan melakukan Blacklist nouveau seperti penjelasan dari tautan panduan diatas.

Jika masih ada pertanyaan silakan kunjungi laman opensuse.org dan silakan bergabung di forum atau mailing list komunitas opensuse-id.

17 thoughts on “Menginstal Driver NVIDIA Geforce 7100 di OpenSUSE 11.4

  1. agung

    Mas Cahya,
    Ah ya, itu saya sudah menambahkan aplikasi CompizConfig Settings Manager (CCSM) dari repo Compiz. Ingin mencoba kubus-kubus-an saja. :D

  2. agung

    guru rusydi,
    Kalau boleh tahu gak ‘kompatibel’-nya itu kenapa Pak?
    Sependek yang saya tahu Linux Ubuntu (terutama versi terbaru) lebih mudah dalam ‘pengenalan’ beberapa tipe modem sehingga sangat mudah ketika akan mengkoneksikan ke Internet dengan modem tersebut.

  3. Sugeng

    Mas Agung aku juga masih ngeraba-raba pakai linux, dan yang saya install di PC ku adalah ubuntu 10.04 meski aku juga sudah ngunduh file iso nya 10.10, fedora, dan opensuse tapi aku masih gak berani nyoba intsall lagi karena dulu sempat eror dan menghilangkan semua file ku. Sekarang aku masih merasa enjoy dengan 10.04 (sekarang katanya sudah ada versi beta 11.04).
    Mau sedikit nyanya nih, kalau opensuse filenya kan besar 4GB an dan aku gak ada DVD room. Apakah bisa langsung di install dari wubi nya :?: maklum mas aku mencoba linux sendiri dan berbekal coba-caoba saja.

  4. agung

    Pak Sugeng,
    4GB itu ukuran berkas instalasi (ISO) openSUSE yang nantinya bisa dibakar/burn kedalam keping DVD maupun media yang lain seperti USB stick, paket yang disertakan pun cukup lengkap–hampir semua desktop disediakan disitu–kita bisa memilih desktop KDE, Gnome, XFCE dan yang lainnya saat instalasi via DVD tersebut, sehingga ukurannya jadi sebesar itu. Berbeda dengan berkas yang berukuran lebih kecil, biasa itu dalam bentuk Live CD sebesar kurang lebih 700MB. Desktop dan paket yang disediakan juga satu desktop saja (baik KDE maupun Gnome).
    Sependek yang saya tahu Wubi adalah alat bantu instalasi Ubuntu via Windows, dan di openSUSE sepertinya tidak ada wubi. Kalau tidak ada DVD room bisa menggunakan USB atau pinjam DVD eksternal saja pak. :D

    Saya juga masih menggunakan Lucid di netbook saya kok Pak–suka versi Long Term Support (LTS)-nya, untuk versi desktop dukungannya selama 3 tahun sampai April 2013. :D

  5. ndaroini

    wah mantab nie mas tmpilannya. aku lagi bermasalah sama intel hd graphics 3000. dia di blek lis sama ubuntu n the geng.belum nemuin solusi yg yahud nie sampe rilis natty ini. :(

  6. agung

    ndaroini,
    saya juga belum pernah mencoba atau menggunakan graphics card tersebut di Linux Ubuntu–sedikit pengalaman saya lebih mudah saat menggunakan Ubuntu untuk pemasangan driver kartu grafis. Silakan dicoba di openSUSE barangkali bisa menemukan solusi. :ciprat-ciprat bensin. :mrgreen:

  7. rukmana

    mas… mw tanyak ni..saya kn udah install ubuntu versi 11.4, trus driver wan nya jg’ dah d install…tpi koq gag bisa bwt internetan ya. padahal koneksinya dah dapat dri wireless. tapi tiap x buka’ google atw yg lainnya gag bisa. itu kenapa ya mas?

  8. Agung Haryono

    rukmana,
    Kalau yang dimaksud sudah dapat terkoneksi/tersambung dengan jaringan WiFi atau wireless (hospot area), mungkin bisa dicek pada setelan koneksi pada tiap browser atau peramban yang dipakai Mas Rukmana terlebih dahulu, kenapa tidak bisa ber-Internet. Maaf jika tidak bisa banyak membantu.

  9. agung

    Mas Cahya, wah kalau begitu si susi rada pilih kasih dong?–kartu grafis ATI dibuat lebih mudah.
    BTW, berarti sudah dual boot nih! — Windows 7 dan openSUSE. :)

Silakan tambahkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s