Membuat Window Transparan Desktop KDE

Masih dengan sistem operasi yang sama, Linux openSUSE 11.4 dengan desktop KDE 4.6.x (versi yang saya pakai ). Tema/themes bernuansa plasma yang diusung oleh KDE ini sudah cukup bagus & apik dengan didukung kartu grafis yang baik pula. Mengunjungi situs kde-look[dot]org pun jadi pilihan yang bijak bagi pengguna KDE yang ingin mempercantik tampilan desktopnya. Bagi pengguna desktop Gnome silakan berkunjung di gnome-look[dot]org, koleksinya cukup banyak.

Memasang window transparan dengan oxygen-transparent

Saya tertarik saat melihat tampilan apik yang terdapat di kde-look[dot]org pada category ‘themes’ dengan nama oxygen transparent. Setelah saya telusuri laman tersebut ternyata ada panduan untuk memasang themes tersebut & sayangnya untuk distribusi linux Fedora. Kali ini saya mencoba keberuntungan dengan alat bantu 1-Click Install, Anda juga bisa melakukan pemasangan dengan mengklik pada kata tersebut dan pastikan Anda terhubung ke Internet. Masukan kata oxygen-transparent pada kotak pencarian aplikasi kemudian akan muncul beberapa aplikasi sesuai dengan kata yang dimasukan, pilih yang sesuai dengan mesin Anda dan instal. Pada proses pemasangan direkomendasikan untuk mengambil kode ‘KEY’. Instalasi berjalan dengan baik.

Menyetel window transparent

Pada awalnya saya bingung bagaimana mengaktifkan window tranparan ini. Sedikit klik sini klik sana, akhirnya ketemu juga. Berikut caranya:
Configure  Desktop | Aplication Appearance | Style | pada tab Applications pilih Oxygen Transparent di widget stye.

Seting Oxygen Transparent

Gambar 1. Setting Oxygen Transparent (lihat kursor)

Sekarang saya bisa menikmati window atau jendela yang bening /transparan. Jika Anda juga menggunakan window transparan setidaknya pergunakan wallpaper dengan latar yang sesuai dengan warna font yang dipakai karena saking beningnya, bisa-bisa Anda tidak bisa membaca tulisan atau keterangan di window tersebut. Desktop kde sudah bisa bersaing dengan kecantikan Aero Glass yang ada di Windows 7.

Desktop dengan oxygen transparent

Gambar 2. Window dengan Oxygen Transparent


15 thoughts on “Membuat Window Transparan Desktop KDE

  1. nuralief

    pengen rasanya mencoba trik ini. tapi apa daya hardware tidak mendukung, cukup puas memakai linuxmint dengan desktop gnome sederhana

  2. alief

    sampai saat ini masih suka memakai linux mint yang dipadu dengan tampilan mac os x. sudah cukup untuk membuat teman-teman ngiri, walau dengan hardware yang pas-pasan

  3. agung

    nuralief / Mas Alief,
    itu juga karena kartu grafis di PC saya cukup mumpuni, jika tidak akan saya pasang desktop yang sederhana Mas. Kan linux terkenal dengan slogan sederhana, ringan & cepat. :D

  4. agung

    Mas Rangga,
    masih menggunakan hardware yang sama, PC rakitan jadul dengan Processor AMD Athlon, RAM 1,5 GiB dan Kartu Grafis Geforce 7100PS :).

  5. agung

    Mas Is,
    Wah kesasar kali mas :D.
    Apalagi player Amaroknya juga keren jika dibuat transparan. Silakan dicoba Mas Is, tapi ada kekurangan mengenai Readability-nya. :(

  6. Agung Haryono Penulis Tulisan

    wahyu, pada dasarnya semua desktop bisa dibuat transparan asalkan kartu grafis sudah mendukung. Saya bukan pengguna Blankon, coba tanya diforum blankon pasti banyak yang membantu.

Silakan tambahkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s