DraftSight Software 2D Gratis dari Dassault Systemes

Seminggu yang lalu (20 Oktober 2010) ada seminar SolidWorks 2011 Launch “From Idea to Result”. Saya dan teman saya dapat kesempatan untuk menghadiri acara tersebut. Seperti biasa kami harus berangkat kerja lebih awal dari biasanya, karena harus menghadapi kemacetan ibu kota Jakarta. Kebetulan hari itu ada demo memperingati satu tahun masa kerja SBY. Jakarta semakin macet (curahan hati.red).

Kembali ke acara seminar SolidWorks. Dimulai dari registrasi, sambutan, demo, makan siang, tanya jawab, kuis, dan penutup. Sehabis makan siang sempat mengobrol dengan salah satu dari tim teknisi acara tersebut. Dia mengatakan bahwa sekarang SolidWorks versi terbaru sudah tidak menyertakan piranti lunak untuk alat bantu gambar 2 dimensinya, yang sebelumnya ada DWGeditor. Yang lebih bagus lagi sekarang sudah ada Software 2D yang di gratiskan. DrafSight namanya, tim teknisi tersebut menyarankan agar saya memberitahukan informasi ini kepada atasan saya untuk meminta software tersebut ke pihak penyelenggara seminar SolidWorks. Sebenarnya bisa mengunduh sendiri dari situsnya, tapi tidak ada bandwitdh yang mencukupi. PT Arisma Data Setia selaku reseler resmi SolidWokrs, kebetulan juga menjadi mitra kerja di perusahaan tempat saya bekerja.

Di sesi tanya jawab saya sedikit iseng ketika dari perwakilan Solidwokrs, Mr. Gai Loh (kalau ndak salah tulis) bertanya kepada peserta seminar, “simtem operasi apa yang sekarang Anda gunakan?”. Mac? Ada yang mengangkat tangan, IPOD? Ndak ada, IPAD? Juga ndak satu pun yang mengangkat tangan. Kemudian saya menyeletuk “LINUX”, salah satu tim teknisi tersenyum memandangi saya. Yah, spendek yang saya tahu MAC sekarang sudah bisa untuk menggambar dengan AutoCAD, untuk Software 3D seperti SolidWorks ini (katanya) sedang dikembangkan. Untuk DraftSight sendiri masih Coming Soon for Linux.

 

DraftSight-Logo
DraftSight-Logo

 

Anda berminat mencoba DrafSight versi BETA untuk menggambar 2 dimensi layaknya Software sehebat AutoCAD?

 

Q: What will DraftSight run on?
A: It will run on Windows XP, Vista, and W7. A MAC and Linux version is planned for later this year. (Josh Spencer)

Referensi:
1. DraftSight: Free CAD software * for your DWG files
2. http://en.wikipedia.org/wiki/SolidWorks
3. Logo DraftSight

Advertisements

24 comments

  1. Cahya,
    Pak dokter sepertinya menjalankan Google Sketch di Linux Ubuntu harus menggunakan wine, ndak tahu untuk distro yang lain :D.

  2. edda,
    Itu piranti lunak untuk membantu menggambar gambar 2 dimensi — seperti AutoCAD. DraftSight namanya.
    Saya malah lebih sering menggunakan Windows 2000. :)

  3. masyhury,
    Silakan dicoba mas. :D

    edda,
    Ndak harus dimengerti juga kok hehe. :)

    Ganda,
    Tentu bisa bro :D. Layout rumah, pabrik, warnet, gambar teknik saya pernah menggambarnya. Untuk gambar/visual 3 dimensi pakai yang khusus 3D modeling.

  4. Pak Aldy,
    Untuk DraftSight ini saya belum bisa mencoba pak, masih menunggu kiriman dari mitra kerja perusahaan saya. Sekarang saya masih menggunakan yang berbayar pak. :D

    hendro,
    Kalau mau, silakan dicoba mas. :D

  5. Laptopku udah nggak bisa install ini itu, jadi aplikasi yang bisa saya gunakan hanya itu-itu aja.

    Oia bro, kira-kira kalo buka pemutar musik misal(windows media player) trus musiknya macet2 kayak kaset rusak ‘itu kenapa ya?’ dan anehnya, jika jika saya menjalankan wamp dan firefox, suara musiknya tambah lemot?

    Apakah ini karena hardware yang udah K’0, atau RAM-nya kepenuan?

  6. indam,
    Menjalankan beberapa aplikasi sekaligus membuat kinerja komputer menjadi lambat. Rekomendasi hardware sudah sesuai atau belum? RAM bisa jadi. :D

    Starting lambat? Hmmm… (Googling lebih bisa membantu) :D.

  7. Wah saya baru denger DraftSight. Bagus nggak mas?
    Apa sejenis dengan SketchUp itu? Anak arsitek pasti demen banget yang beginian, hehe. Kalo saya di pengairan cukup pake Acad :)

  8. Darin,
    Maaf kemarin komentarnya sempat masuk Spam.
    Saya juga belum mencobanya mas, tapi menurut teman Software ini cukup lumayan,ya, meskipun masih ada kekurangannya. :D
    Cocok untuk bidang arsitek dan teknik (menurut saya).

    indam,
    Haha… sesuaikan kapasitas saja bro. :D

  9. Ade Truna,
    Saya sendiri juga belum mencoba Google Sketchup, sependek yang saya tahu Sketchup lebih untuk desain interior. AutoCAD lebih kebanyakan untuk gambar teknik. Mudah atau tidaknya pengoperasian tergantung kebiasaan. Sesuaikan dengan fungsi dan kebutuhan.

Silakan tambahkan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s