Cara install Desktop XFCE di openSUSE 11.2 menggunakan Repo Lokal

Beberapa hari yang lalu dekstop KDE saya tidak bisa login atau crash(kurang begitu paham bahasanya) maklum masih newbie :(, tanya kesana-kemari ada beberapa pilihan untuk menyelamatkan ini desktop. Diantaranya Install ulang KDE-nya, repair dengan CD/DVD installernya, Gunakan desktop environment yang lain (yang tersedia IceWM) dan yang terakhir intall ulang openSUSE-nya hehe ini mudah-mudahan langkah yang paling belakangan. Karena terbatasnya waktu buat oprek nih kompi karena juga lagi seneng main futsal dan badminton, maka saya coba dulu saran dari teman saya yaitu mencoba install desktop environment yang lain misal Gnome atau Xfce gitu. Dan berbekal kebernian saya coba install atau pilih dulu desktop Xfce karena lebih ringan dibanding desktop Gnome dan paket yang diinstall juga tidak terlalu besar.

Persiapan dimulai untuk  installasi Xfce di Opensuse 11.2, dimana sebelumnya saya menggunakan KDE sebagai basisnya alias defaultnya.

Nhah sekarang pertanyaan selanjutnya, bagaimana cara installasi Xfce di Opensuse 11.2  yang sebelumnya memakai KDE?

Hmm tepatnya bukan installasi bersih tetapi ya menambah desktop environment, bisa buat koleksi, atau buat belajar saya saja :D.

Langkah yang harus ditempuh, dengan syarat  koneksi internet yang cukup ngebut/kenceng. Pada kesempatan kali ini saya menggunakan mirror lokal yang berada di kambing, cara menambahkan repository-nya saya lebih suka menggunakan console.

Sebelum menambahkan daftar repository baru lebih baiknya non aktifkan seluruh repository yang ada dengan perintah : (dilakukan diterminal / konsole dengan user root)

# zypper mr -da

Berikutnya tambahkan daftar repositorynya, adapun format perintahnya kurang lebih sbb :

zypper ar [alamat repository] [nama repo]

Perintahnya :

# zypper ar http://kambing.ui.ac.id/opensuse/distribution/11.2/repo/non-oss/ non-kambing

# zypper ar http://kambing.ui.ac.id/opensuse/distribution/11.2/repo/oss/ oss-domba

# zypper ar http://kambing.ui.ac.id/opensuse-packman/suse/11.2 pman-kambing

Setelah itu baru refresh daftar repository barunya :

# zypper ref

Setelah itu masuk ke YaST, Software Manager, klik tab Pattern, pilih Xfce, checklist mana-mana yang akan diinstall, kemudian Accept. Untuk urusan install saya lebih suka GUI yaitu menggunakan Yast

Kemudian menunggu sampai proses selesai, restart system, atau logout dan login dengan mengganti desktop environment dengan desktop Xfce baru  yaitu dekstop Xfce.

Welcome di desktop Xfce yang simple dan lebih cepat menurut saya hehe  :D (tidur dulu sudah jam 12 malem lebih besuk di sambung lagi)

Screenshot desktop Xfce

Akhirnya bisa juga install nih desktop via Internet :D untuk kedepan ingin install atau nambah desktop lagi tentunya Gnome-nya openSUSE. Akhir kata sampai disini dulu postingan dari saya  yang sederhana ini.

telah diperbarui pada Maret 23′ 2010

Advertisements

26 comments

  1. makasih banget bagi2 infonya, mas agung. sementara ini saya belum nyicipi opensuse. masih jatuh cinta sama si cantik karmic koala. hehe … semoga nanti ada kesempatan utk pakai opensuse yang ndak kalah cantik. sama2 opensource jadi tetep nyaman dipakai. ndak direpotin masalah virus.

  2. sawali tuhusetya :
    makasih banget bagi2 infonya, mas agung. sementara ini saya belum nyicipi opensuse. masih jatuh cinta sama si cantik karmic koala. hehe … semoga nanti ada kesempatan utk pakai opensuse yang ndak kalah cantik. sama2 opensource jadi tetep nyaman dipakai. ndak direpotin masalah virus.

    Sama-sama pak Sawali :D, itulah indahnya berbagi. Hehe semoga pak Sawali bisa bisa mencicipi openSUSE yang tidak kalah cantiknya dengan Karmic Koala. Iya pak saat menggunakan Linux saya juga jarang bermasalah dengan yang namanya Virus.

  3. kalo kita punya DVD installer openSUSE, kita bisa install desktop Xfce melalui DVD itu mas, sehingga bagi yang miskin internet (seperti saya :-D ) bisa tetap menikmati desktop ringan ini :-)

  4. kirman :kalo kita punya DVD installer openSUSE, kita bisa install desktop Xfce melalui DVD itu mas, sehingga bagi yang miskin internet (seperti saya ) bisa tetap menikmati desktop ringan ini

    Iya mas Kirman kemarin saat desktop KDE saya crash gara-gara update Amarok, saya kebingungan :( ga bisa login ke KDE lagi. Saat ingin repair via DVD ada-ada aja DVD Room pakai ngambek segala, bisa boot tapi ga bisa jalan lagi :(. Dengan berbekal saran dari teman akhirnya saya install desktop Xfce via internet(sekalian belajar mas :D)

  5. Ooh gitu toh kejadiannya. Maaf baru maen ke sini lagi. Di majalah Infolinux juga biasanya disediain repo opensuse. :)

  6. dani :
    Ooh gitu toh kejadiannya. Maaf baru maen ke sini lagi. Di majalah Infolinux juga biasanya disediain repo opensuse.

    Iya mas Dani,
    Begitu ceritanya, di DVD InfoLinux ada Extra reponya tapi hanya beberapa aplikasi.
    Mas Dani, karena jarang main kesini makanya saya sering kirim surel ke mas Dani untuk minta bantuan hehehe :D

  7. ohdediku :
    Kalo ane siih tetep Desktop Enlightment lebih yahuud gan…..
    **review dong blog ane gan…
    Salam kenal…

    OK Gan
    Kunjungan sudah dilakukan, mohon bimbingannya bos :D
    Iya Xfce kemarin juga kepepet je :( disaat Desktop KDE-ku sedang crash tapi desktop Xfce memang cepat di mesin jadul saya, VGA juga jadul bos :(

  8. sawali tuhusetya :
    wah, saya baru sebatas menggunakan ubuntu, mas agung. itu pun ndak pernah ngoprek2, kecuali update, hehe ….

    Iya pak Sawali,
    Saya juga masih hanya sebagai pengguna u/ sekedar browsing dan mencicipi beberapa fitur-fitur cantik yang ada di Linux :) itupun diluar jam kantor yang sehari-hari menggunakan desktop windows 2000

  9. Salam,

    saya hanya bisa berkomentar, …
    saya benar2 jauh sekali tertinggal dengan dunia Linux, ..
    wah payah emang saya ye :-)

  10. kangtatang :
    hem… tapi sayang… hardware saya cukup stabil untuk dipasang KDE hi.. hi….
    salam
    kangtatang

    Iya kang di mesin jadul saya ini sebenernya desktop KDE juga bisa jalan mulus, ya gara2 kemarin gagal update Amarok jadi crash dech KDE-nya :( karena kebingungan ga bisa masuk ke X kemudian install desktop Xfce untuk sementara hehe :D

  11. grandiyf :
    saya sekarang malah beralih ke gnome. KDE 4.4ku banyak bugnya

    Iya mas sebenernya saya juga sering crash dengan KDE tapi ya gimana lagi sudah terlanjur cintrong dan belum mau berpindah ke Gnome. Desktop Xfce sekarang menjadi pemain cadangan hehe :D

  12. xfce gak kalah kok sama gnome atau kde 4… buktinya ane dapet pertamak di pclosmagizen hehehehe… dengan xfce tampilan weduz 7 :hammer

Silakan tambahkan komentar Anda

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s