Instalasi XAMPP untuk Web, Database dan FTP server di openSUSE 11.1 Desktop Gnome saya.

Setalah beberapa waktu yang lalu akhirnya saya bisa juga install XAMPP di OpenSUSE saya dan ternyata belajar linux itu menyenangkan meskipun sering gagal terus kalau trus berusaha pasti bisa(meskipun baru sedikit yang bisa lakukan dilinux saya). Berikut alkisahnya ha..ha.. (kayak dongen aja.red). Mungkin bagi kita sudah biasa install Program Apache, PHP dkk dengan sistem oprerasi Windows misal XAMPP atau PHP Triad dll. Bagaimana kalau kita menggunakan Sistem Operasi Linux, karena Program Apache, PHP, MYSQL dan FTP server bawaan dari Linux sudah ada, dan untuk itu kita dapat melakukan instalasi software tersebut melalui bundel aplikasi yang sudah disediakan oleh XAMPP. Implementasi pada sistem berbeda memerlukan konfigurasi yang berbeda pula. Demikian halnya dengan XAMPP for Linux yang dapat di download melalui alamat http://www.apachefriends.org/en/xampplinux.html atau minta temen kalo ada yang punya atau juga bisa meluncur ke toko Online Om Vavai http://toko.vavai.biz (saya juga dapet dari om Vavai). Proses konfigurasi selanjutnya adalah dengan memindahkan paket file yang telah saya download tadi ke direktori /opt/ (saya dapet yang versi 1.7.1) tentunya dengan akses sebagai root. Setelah file berada di direktori /opt/ maka langkah selanjutnya adalah mengekstrak file tersebut dengan mengetikan perintah dibawah ini tetap sebagai root.

# tar xvfz /opt/xampp-linux-1.7.1.tar.gz

Maka system akan membuat direktori baru bernama lampp dan berada didalam direktori /opt. Di folder inilah semua folder dan file dari webserver kita letakkan (htdocs). OK jadi sekarang saya bisa langsung menjalankan Servis web dan MySQL dengan langkah-langkahnya sebagai berikut, Buka console atau terminal masuk sebagai root dengan ketik su dan masukkan password root. Kemudian perintah untuk menjalankan lampp, saya ketikkan perintah berikut

# /opt/lampp/lampp/ start

Start

Horee.. akhirnya bisa berjalan juga servis XAMPP saya, maka system akan menjalankan aplikasi server secara otomatis. Kemudian saya buka Mozilla Firefox dan mengetikan http://localhost/ atau http://127.0.0.1 maka tampilan web server muncul deh.. :-)

XAMPP Linux

Dan untuk Tools phpMyadmin screenshot-nya sebagai berikut

PHP

Akhirnya saya bisa belajar XAMPP dengan Linux Gnome openSUSE 11.1 he…he…he… Oya untuk menghentikan aplikasi lampp buka console atau terminal tadi terus saya ketikan perintah sebagai berikut

# /opt/lampp/lampp  stop

Stop Lamppjpg

Maka servis XAMPP sudah tidak jalan lagi seperti yang terlihat screen diatas. Dan untuk aplikasi ini jika saya melakukan restart computer, saya harus menjalankan XAMPP secara manual. Jika kita ingin secara otomatis menjalankan XAMPP setiap kali booting bisa melihat atau berkunjumg di sini http://opensuse.or.id/ karena pengalaman saya ini juga belajar dari situs ini. Mari kita sebar luaskan Open Source ini menuju IGOS (Indonesia Go Open Source) he..he..he…Salam Super

2 thoughts on “Instalasi XAMPP untuk Web, Database dan FTP server di openSUSE 11.1 Desktop Gnome saya.

  1. Agung Haryono Penulis Tulisan

    Mas Eko Sulistio terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat..
    langsung menuju ke TKP :-)

Silakan tambahkan komentar Anda

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s