Tugas Jaringan (peer to peer page1)

II.    JARINGAN KOMPUTER
II.1  Sejarah  Jaringan
Konsep jaringan lahir di Amerika pada tahun 1940. Disebuah proyek pengembangan komputer model 1 di laboratorium Bell grup riset Harvard University di pimpin oleh H.Aiken. Pada mulanya hanya ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak waktu, proses beruntun (Batch Processing)  sehingga program bisa dijalankan dengan kaidah antrian.
Pada tahun 1950  milai tercipta super komputer dan komputer melayani beberapa terminal untuk itu ditemukan konsep distribusi (Time Sharing Sistem) TSS maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan diaplikasikan. Memasuki tahun 1970 perangkat komputer semakin mahal dan beban pekerjaan semakin banyak digunakan konsep (Distribited Processing)  dalam konsep ini beberapa host komputer (alat untuk menyimpan data) mengerjakan pekerjaan besar secara parallel untuk melayani beberapa komputer yang tersambung secara seri disetiap host komputer. Selanjutnya ketika harga komputer kecil sudah mulai menurun dan konsep distribusi sudah matang maka penggunaan komputer dan jaringan sudah mulai beragam. Untuk itu mulailah berkembang teknologi jaringan lokal disebut LAN (Local Area Network), demikian pula saat internet mulai diperkenalkan maka sebagian LAN yang berdirisendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN (Wide Area Network).

II.2  Mengenal LAN
Local Area Network (LAN) adalah sejumlah komputer yang saling dihubungkan bersama dalam suatu area tertentu yang tidak begitu luas misalnya seperti di gedung perkantoran. Dengan perantara LAN selain dapat berhubungan dari komputer satu ke komputer lain juga dapat berkomunikasi dari jaringan satu ke jaringan lain.LAN juga bisa berkomunikasi dengan waktu yang relative singkat dan efesien.
Sesuai perkembangan internet kemampuan jaringan LAN pun semakin ditingkatkan untuk keperluan yang lebih universal, internet merupakan suatu jaringan yang dapat berkomunikasi secara global.dengan perantara satelit.

Tipe Jaringan LAN

II.3   Topologi dan Sistem Operasi Jaringan
Topologi Jaringan adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan yang lain sehingga membentuk jaringan. Macam-macam Topologi jaringan
Topologi bus
Pada topologi ini digunakan sebuah kabel tunggal atau kabel pusat dimana seluruh workstation dan server dihubungkan, keuntungannya hemat kabel, layout kabel sederhana, mudah dikembangkan. Kerugiannya deteksi dan isolasi kesalahan kecil, kepadatan lalu lintas, bila salah satu client rusak maka jaringan tidak berfungsi, diperlukan repeater untuk jarak jauh.

Masing-masingworkstation dihubungkan secara langsung ke server atau hub, keunggulannya adanya kabel sendiri untuk client ke server.

Topologi ring
Topologi ini sering digunakan didalam topologi ring semua work station dan server dihubungkan sehingga terbentuk pola lingkaran. Tiap workstation akan meletakkan dan menerima informasi dari komputer satu ke yang lain. Keuntungannya hemat kabel, tidak terjadi tabrakan data saat pengiriman dan kerugiannya peka kesalahan, pengembangan jaringan lebih kaku.

Topologi jaringan peer to peer
Bila ditinjau dari peran server, maka server pada tipe peer to peer diistilahkan non-dedicated server karena server tidak berperan sebagai server murni melainkan juga berperan sebagai workstation. Keunggulannya antar komputer dalam jaringan dapat berbagi pakai fasilitas yang dimiliki seperti: printer, drive, fax atau modem, harddisk.. biaya murah, kelangsungan jaringan tidak tergantung pada server. Sedang kelemahannya adalah: troubleshooting jaringan relative lebih sulit, unjuk kerja lebih rendah, sistem keamanan jaringan ditentukan oleh user.

Topologi Jaringan Client Server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer lain didalam jaringan dan client adalah pengguna dan penerima. Keunggulanya kecepatan akses lebih tinggi karena penyedia fasilitas dan pengelola dilakukan secara khusus oleh server, sistem keamanan jaringan lebih baik, sistem backup data lebih baik. Kelemahannya biaya mahal, diperlukan komputer khusus untuk server, kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server.